Aplikasi Analisis Soal Berbasis Ms.Excell v1

Analisis Butir Soal

Penilaian terhadap butir soal pada dasarnya merupakan analisis butir soal, dan selama ini pada umumnya para ahli pengukuran mengatakan bahwa analisis butir soal maksudnya adalah penilaian terhadap soal. Telah diketahui bersama bahwa penyusunan tes sangat mempengaruhi kualitas butir soal.

Pendekatan untuk menganalisis butir soal yang berkembang saat ini terdiri dari dua pendekatan yaitu pendekatan klasik dan pendekatan modern. Kedua pendekatan ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun keduanya masih sering digunakan dalam analisis butir soal.

Dengan melihat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, penyusunan tes dituntut untuk mengikuti pedoman penyusunan tes dan melakukan ujicoba. Kemudian berdasarkan hasil ujicoba, respon peserta dianalisis untuk mendapatkan karakteristik butir soal.

Terkait dengan analisis butir soal ini, para ahli mengelompokkan analisi butir soal ke dalam dua jenis; yaitu analisis butir soal secara kualitatif dan analisis butir soal secara kuantitatif.

Adapun dalam pembahasan kali ini, saya hanya akan fokus kepada analisi butir soal secara kuantitatif saja, untuk analisis butir soal secara kualitatif nanti menyusul yaa..

Analisis butir soal secara kuantitatif dilakukan berdasarkan data yang diperoleh secara empiris melalui ujicoba dari suatu perangkat tes.

Analisis kuantitatif sering disebut dengan analisis item yang menghasilkan karakteristik atau parameter butir dan tes, yaitu: tingkat kesukaran, daya beda dan distribusi jawaban dan kunci setiap butir, serta reliabilitas dan kesalahan pengukuran dalam tes.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Garuda CBT, CBT, E-Learning dan Raport Update v1.4.7

Aplikasi Undangan Pernikahan v4

Aplikasi Cetak Kartu Pelajar Plus v3